Technology

INSTALASI WINDOWS 7 MELALUI USB FLASHDISK

Flashdisk bisa digunakan untuk menginstalasi sistem operasi pada komputer. Jadi bagi anda yang sekiranya memiliki komputer yang cdrom/dvdrom agak bermasalah untuk menginstalasi sistem operasi, bisa mencoba menggunakan media flashdisk. Sangat dibutuhkan untuk memformat ulang windows pada netbook jika belum memiliki dvdrom external. Disini saya akan menjelaskan cara instalasi O.S Windows menggunakan flashdisk. Jika anda ingin menginstalasi O.S Windows XP kapasitas minimal flashdisk yang perlu di sediakan adalah 1GB, dan 4 GB untuk windows 7.windows to flashdisk Saya juga pernah mencoba bootable O.S windows pada microSD dan bisa, dengan cardreader.Karena kebetulan ada microSD
nganggur:D.
Untuk tool / aplikasi yang digunakan untuk membuat bootable O.S Windows kedalam flashdisk salah satunya adalah Wintoflash. WintoFlash free untuk penggunaan personal atau untuk pembelajaran. Cek aja di web resminya. Penggunaan WintoFlash sangatlah mudah, simpel gampang dimengerti. Aplikasi ini dapat berjalan pada windows 7 baik 32bit maupun 64bit.
Berikut langkah-langkah menyiapkan flashdisk sebagai media instalasi O.S….
  1. Download dahulu tool / aplikasi WintoFlash disini. ( Pilih yang via http agar tidak ribet ).
  2. Siapkan windows anda ( windows xp atau windows 7 ) dalam hardisk. Anda bisa menyiapkan dari komputer lain yang ada cd/dvdrom untuk mengcopy windows nya. Copy seluruh windows dan jadikan satu folder.
  3. Siapkan flasdisk, jika ada data penting silakan backup dahulu, karena nantinya akan diformat ulang oleh WintoFlash.
  4. Extract lalu jalankan WintoFlash.
  5. Pilih Menu “Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB Drive” untuk menyiapkan Windows kedalam flashdisk. ( pada gambar dibawah saya memilih itu karena akan meemformat windows 7 untuk komputer saya)
    Transfer Windows 7 to USB Flash
    Transfer Windows 7 to USB Flash
  6. Setelah itu klik Run dan akan tampil layar seperti dibawah ini.
    Tentukan Lokasi drive USB flash dan folder windows dengan benar
    Tentukan Lokasi drive USB flash dan folder windows dengan benar
  7. Pada menu “vista setup files path:” itu anda klik select dan tentukan lokasi folder dimana anda sudah menyiapkan windows anda.
  8. Pada menu “USB Drive:” itu anda klik select dan tentukan lokasi folder dimana anda sudah menancapkan flashdisk yang akan digunakan. ( Nb:data diflashdisk akan hilang semua seperti yang sudah saya jelaskan).
  9. Klik Run. Tunggu saja, proses memang agak lama tergantung kemampuan baca tulis flashdisk anda. Jika ada Tulisan error sewaktu menunggu abaikan saja, itu sebenarnya adalah iklan yang ingin ditampilkan tapi tidak terkoneksi dengan internet jadi tidak keluar.
  10. Setelah selesai. anda bisa menggunakannya untuk format / instalasi ulang O.S anda.
  11. Setting first boot BIOS pada media flashdisk/microSD dengan menekan tombol del/F2 (tergantung merk, jenis, type motherboard).
  12. Setelah itu ikuti saja perintah yang ada hingga selesai

0 Response to "INSTALASI WINDOWS 7 MELALUI USB FLASHDISK "

Post a Comment

Recent Comments

Loading...

Popular Posts

Trend Baru Bisnis online

Kesempatan dapat uang dengan mudah